INNER JOIN

Inner join adalah salah satu jenis operasi join dalam pengolahan data dengan database. Join adalah proses menggabungkan dua atau lebih tabel dengan menggunakan kolom yang memiliki nilai sama. Inner join menggabungkan baris dari dua tabel yang memiliki nilai yang cocok di kolom yang dijadikan acuan. Dalam artikel ini, akan dijelaskan secara lengkap mengenai inner join, cara menggunakannya, serta contoh penggunaannya.


Pengertian Inner Join

Inner join adalah proses penggabungan dua atau lebih tabel yang mempertahankan baris yang memiliki nilai yang sama di kolom yang dijadikan acuan. Dalam inner join, baris dari kedua tabel yang tidak memiliki nilai cocok di kolom acuan akan dihilangkan. Inner join digunakan untuk mengambil data yang berhubungan dari dua tabel yang berbeda. Inner join menghasilkan tabel baru yang terdiri dari kolom-kolom dari kedua tabel yang dijadikan acuan.


Cara Menggunakan Inner Join

Untuk menggunakan inner join, diperlukan dua tabel yang memiliki kolom yang sama atau kolom yang saling berhubungan. Kolom yang dijadikan acuan harus memiliki tipe data yang sama atau dapat dikonversi ke tipe data yang sama. Berikut adalah sintaks inner join pada SQL:

Keterangan:

  • kolom_tabel1, kolom_tabel2, ... : kolom-kolom yang ingin ditampilkan pada tabel hasil join
  • tabel1 : nama tabel pertama yang ingin di-join
  • tabel2 : nama tabel kedua yang ingin di-join
  • kolom_acuan : kolom yang dijadikan acuan untuk menggabungkan kedua tabel

Contoh Penggunaan Inner Join

Untuk lebih memahami penggunaan inner join, berikut adalah contoh penggunaannya dengan dua tabel yaitu tabel pelanggan dan tabel pesanan. Tabel pelanggan berisi informasi tentang pelanggan seperti nama, alamat, dan nomor telepon. Tabel pesanan berisi informasi tentang pesanan seperti nomor pesanan, tanggal pesanan, dan pelanggan yang melakukan pesanan.

Tabel pelanggan:

Tabel pesanan:


Untuk menggunakan inner join, kita dapat menggabungkan kedua tabel tersebut berdasarkan kolom id_pelanggan. Misalkan kita ingin menampilkan nama pelanggan dan total harga pesanan yang dilakukan oleh masing-masing pelanggan, berikut adalah sintaks SQL-nya:

Keterangan:

  • pelanggan.nama_pelanggan : kolom nama_pelanggan dari tabel pelanggan
  • SUM(pesanan.total_harga) AS total_harga_pesanan : menjumlahkan total_harga dari tabel pesanan dan memberikan alias "total_harga_pesanan"
  • pelanggan : tabel pertama yang ingin di-join
  • pesanan : tabel kedua yang ingin di-join
  • pelanggan.id_pelanggan = pesanan.id_pelanggan : menggabungkan kedua tabel berdasarkan kolom id_pelanggan yang sama
  • GROUP BY pelanggan.nama_pelanggan : mengelompokkan data berdasarkan kolom nama_pelanggan dari tabel pelanggan

Hasil query tersebut akan menghasilkan tabel baru yang berisi nama pelanggan dan total harga pesanan yang dilakukan oleh masing-masing pelanggan:

Dari contoh di atas, dapat dilihat bahwa inner join sangat berguna untuk menggabungkan data dari dua tabel yang berbeda, dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengambil informasi yang terkait dari beberapa tabel yang berbeda atau menghitung total dari beberapa nilai yang terdapat pada beberapa tabel yang berbeda.


Kesimpulan

Inner join adalah salah satu jenis operasi join yang berguna untuk menggabungkan data dari dua tabel yang memiliki nilai yang sama di kolom acuan. Inner join menghasilkan tabel baru yang terdiri dari kolom-kolom dari kedua tabel yang dijadikan acuan. Untuk menggunakan inner join, diperlukan dua tabel yang memiliki kolom yang sama atau kolom yang saling berhubungan. Inner join sangat berguna dalam pengolahan data dengan database, terutama untuk mengambil informasi yang terkait dari beberapa tabel yang berbeda atau menghitung total dari beberapa nilai yang terdapat pada beberapa tabel yang berbeda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INNER JOIN"

Posting Komentar