RIGHT JOIN

Pada pengolahan data di database, kita seringkali perlu menggabungkan data dari dua tabel berbeda berdasarkan nilai pada kolom acuan. Untuk melakukan hal tersebut, kita dapat menggunakan operasi join pada SQL. Salah satu jenis operasi join yang digunakan adalah right join.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang right join, termasuk pengertian, cara kerja, serta contoh penggunaannya.


Pengertian Right Join

Right join adalah salah satu jenis operasi penggabungan tabel dalam database yang menggabungkan data dari dua tabel berdasarkan nilai kunci yang cocok dan menghasilkan sebuah tabel baru. Right join mengambil semua baris dari tabel yang ditempatkan di sisi kanan join (tabel kedua) dan baris yang cocok dari tabel di sisi kiri join (tabel pertama). Jika tidak ada nilai yang cocok dalam sisi kiri join, maka kolom yang sesuai dalam tabel hasilnya akan diisi dengan nilai NULL. Dalam hal ini, tabel di sisi kanan join disebut sebagai "tabel kanan" dan tabel di sisi kiri join disebut sebagai "tabel kiri".


Cara Kerja Right Join

Right join adalah jenis operasi penggabungan tabel dalam database yang digunakan untuk menggabungkan data dari dua tabel berdasarkan nilai kunci yang cocok. Cara kerja right join dimulai dengan memilih dua tabel yang akan digabungkan dan menentukan kolom-kolom yang akan digunakan dalam penggabungan. Kemudian, kolom kunci yang digunakan sebagai referensi untuk menggabungkan kedua tabel ditentukan.

Setelah itu, semua baris dari tabel kanan akan ditampilkan dalam hasil gabungan, bahkan jika tidak ada nilai yang cocok dalam tabel kiri. Jika ada nilai yang cocok antara kedua tabel, maka baris yang cocok dari tabel kiri juga akan ditampilkan dalam hasil gabungan. Jika tidak ada nilai yang cocok dalam tabel kiri, maka kolom-kolom dalam tabel hasilnya yang sesuai dengan tabel kiri akan diisi dengan nilai NULL. Tabel hasil dari right join dapat digunakan untuk melakukan operasi query yang lebih lanjut atau diproses lebih lanjut sesuai kebutuhan.


Contoh Penggunaan

Untuk lebih memahami penggunaan right join, mari kita lihat sebuah contoh kasus. Misalkan kita memiliki dua tabel, yaitu tabel pelanggan dan tabel pesanan. Tabel pelanggan berisi data-data tentang pelanggan, seperti id_pelanggan, nama_pelanggan, dan alamat_pelanggan, telepon_pelanggan sedangkan tabel pesanan berisi data-data tentang pesanan yang dilakukan oleh pelanggan, seperti id_pesanan, id_pelanggan, tgl_pesanan, dan total_harga.

Tabel pelanggan:

Tabel pesanan:

Kita ingin menggabungkan kedua tabel tersebut berdasarkan kolom id_pelanggan, dengan menyertakan seluruh data pada tabel pesanan dan hanya data-data pada tabel pelanggan.

Berikut adalah sintaks SQL untuk melakukan left join pada contoh kasus di atas:

Keterangan :

  • SELECT * : Menampilkan semua kolom dari hasil join antara kedua tabel.
  • FROM pelanggan : Tabel utama yang akan di-join, yaitu tabel "pelanggan".
  • RIGHT JOIN pesanan : Jenis join yang digunakan adalah RIGHT JOIN yang akan menggabungkan data dari tabel "pelanggan" dengan data dari tabel "pesanan" yang memiliki nilai yang sama pada kolom "id_pelanggan".
  • ON pelanggan.id_pelanggan = pesanan.id_pelanggan : Kondisi join, yaitu menghubungkan kolom "id_pelanggan" dari kedua tabel dengan nilai yang sama.

Contoh output dari RIGHT JOIN ini akan menghasilkan tabel gabungan yang menunjukkan semua data dari tabel pesanan dan data yang sesuai dari tabel pelanggan. Jika ada data dalam tabel pesanan yang tidak memiliki pasangan data dalam tabel pelanggan, maka data tersebut akan tetap ditampilkan dalam hasil keluaran.

Maka hasil output dari RIGHT JOIN akan terlihat seperti berikut:

Dalam hasil keluaran tersebut, terdapat satu baris dengan nilai NULL pada kolom-kolom yang berasal dari tabel pelanggan karena tidak ada data pelanggan yang sesuai dengan nomor pesanan null pada tabel pesanan.


Kesimpulan

Dalam SQL, RIGHT JOIN adalah jenis operasi join yang digunakan untuk menggabungkan semua baris dari tabel yang ditempatkan setelah kata kunci RIGHT JOIN dan hanya baris yang cocok dari tabel yang ditempatkan sebelum kata kunci RIGHT JOIN, berdasarkan pada kunci hubung yang ditentukan. Hasil keluaran RIGHT JOIN menghasilkan semua baris dari tabel kanan, dan jika ada pasangan baris yang cocok di tabel kiri, maka data dari tabel kanan dan kiri akan disatukan menjadi satu baris dalam hasil keluaran. Namun, jika tidak ada pasangan baris yang cocok di tabel kiri, maka baris tersebut akan tetap ditampilkan dalam hasil keluaran dengan nilai NULL untuk kolom-kolom yang berasal dari tabel kiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RIGHT JOIN"

Posting Komentar