PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI UMUM

 

PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI UMUM


Kehidupan di jaman sekarang tidak terlepas dari yang namanya teknologi, mulai dari bekerja hingga mencari hiburan. Handphone juga sebenarnya adalah sebuah komputer, jadi handphone, dan laptop itu biasa disebut hardware atau perangkat keras. Seorang programmer memasukan suatu program yang dinamakan sistem operasi ke dalam hardware agar suatu hardware bisa berjalan dan siap pakai. Untuk di laptop ada tiga sistem operasi yang umumnya dipakai yaitu Windows, MacOs, dan Linux. Sedangkan untuk di handphone ada Android dan Apple iOS. Kemudian di dalam sistem operasi di install program-program lainnya seperti microsoft office, whatsapp dan yang lainnya. Program-program yang di install  dan sistem operasi biasa disebut software atau perangkat lunak. Jika yang membuat software disebut Programmer maka yang menggunakannya biasa disebut brainware.

Kemudian cara terhubung ke internet ada dua cara, yaitu, yang pertama handphone terhubung ke WiFi (acces point) secara wireless kemudian acces point terhubung ke modem dengan kabel, pada proses ini teknisi jaringan dibutuhkan, modem merupakan hardware titipan dari ISP atau penyedia layanan internet agar dapat terhubung ke internet. Yang kedua hadphone terhubung ke internet melalui operator yang ada di handphone melalui BTS, yang masing-masing terhubung melalui backbone fiber optic ke operator.

Setelah terhubung ke internet untuk masuk ke suatu program aplikasi di butuhkan login terlebih dahulu dan memasukan username dan password, kemudian username dan password yang telah di masukan akan mengalir ke ISP atau operator menuju ke perusahaan aplikasi melalui internet. Username dan password akan di cek terlebih dahulu oleh server gateways apakah dari aplikasi mereka atau bukan di sini di butuhkan seorang network administrator dan security expert, jika lolos hasil cek data akan diteruskan ke server game yang terdiri dari server apliksi dan database. Logika yang di buat programmer akan di simpan deserver aplikasi sedangkan untuk data akan di simpan di database. Usename dan password di teruskan kedalam database dalam format query, jika username dan password ditemukan di database maka akan masuk ke dalam aplikasi.

            Tampilan di dalam aplikasi melibatkan profesi system analyst, project manager, document enginer, dll. Proses di mulai dari tahap desain dan perencanaan ada project management untuk mengatur resource dan timeline project, lalu ada analisa dan modelling melibatkan diagram seperti di use case dan lain-lain, juga ada proses dokumentasi dalam bentuk SRS dan lain-lain. Lalu ada tahap implementasi, programmer coding untuk membuat aplikasi, database administrator merancang dan mengatur database, sedangkan ui/ux designer merancang tampilan dan membuat aset gambar. Selanjutnya ada tahap development aplikasi ada merancang server gateway yang dilakukan oleh network analyst dan network administrator, ada pula melakukan development aplikasi ke server game yang dilakukan oleh DevOps kemudian aplikasi akan di upload ke playstore atau appstore supaya bisa di download.

            Agar dua perangkat bisa saling berkomunikasi mereka harus dalam protokol atau aturan yang sama, protokol yang umum dipakai di internet adalah TCP atau IP salah satu contoh aturannya tiap perangkat harus memiliki alamat berupa angka yang disebut IP address.

Agar bisa membuat sebuah aplikasi atau menjadi seorang programmer harus memiliki bekal yang cukup yang pasti kita harus belajar bahasa pemrograman ada yang untuk web, mobile, desktop, server, dll. Juga harus menguasai database. Serta bisa menggunakan github agar ketika bekerja dengan programmer lain kodingan tidak saling bertumpukan. Jika perlu gunakan framework agar pekerjaan lebih cepat. Selain kelengkapan software agar working environment nyaman baik programmer maupun teknisi jaringan harus mengerti soal hardware yang digunakan baik komponen laptop maupun PC.

 

KESIMPULAN

Kehidupan sehari-hari di jaman sekarang memanglah tidak dapat lepas dari yang namanya teknologi mulai dari bekerja, bermain game, hingga berkomunikasi.  Hardware atau perangkat keras yang sangat canggih dengan ditunjang oleh software atau perangkat lunak yang sama canggihnya menuntut kita sebagai brainware lebih berhati-hati dalam penggunaannya.

Hardware yang canggih serta software yang sama canggihnya terasa hampa jika tidak ada jaringan internet, proses handphone atau laptop terhubung ke internet melalui beberapa tahap yang panjang bisa melalui ISP ataupun melalui operator seluler yang melibatkan banyak tenaga ahli di dalamnya mulai teknisi jaringan dan lain-lain.

Software atau aplikasi yang memiliki fitur yang unik juga ternyata telah melewati tahapan-tahapan yang cukup rumit dalam pengembangannya, mulai dari desain dan perencanaan hingga aplikasi di upload ke playstore atau appstore supaya bisa di download, serta memerlukan beberapa tenaga ahli di dalamnya seperti programmer dan lain-lain.

Cara agar antar perangkat bisa saling berkomunikasi ternyata harus dalam suatu protokol yang sama, protokol yang umum dipakai di internet adalah TCP atau IP salah satu contoh aturannya tiap perangkat harus memiliki alamat berupa angka yang disebut IP address.

Dalam dunia teknologi banyak sekali profesi-profesi yang terlibat, mulai dari sudut jaringan hingga sudut aplikasi. Semua profesi yang terlibat dalam teknologi dituntut untuk dapat bekerja dengan cepat dan efisien, serta harus mengerti soal hardware yang digunakan baik komponen laptop maupun PC.

 PERTANYAAN

1.      Apa perbedaan software, hardware dan brainware ?
2.      Sebutkan tahapan pembuatan suatu aplikasi !
3.      Jika suatu aplikasi diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab profesi apa yang mengatasi masalah tersebut ?
4.      AP merupakan singkatan dari ?
5.      Sebutkan jenis kabel yang menghubungkan antara BTS ke operator !

 

Disusun Oleh              : Fahmi Maulana Fadila

Sebagai                        : Peserta Program Beasiswa Protonema 2022/2023  

Link video terkait       : https://youtu.be/7bBCtUHrooc

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI UMUM"

Posting Komentar